acebook

Para Sahabat - The Companions

.¤ª"˜¨¯¨¨'Khubaib Bin 'Adi oo Khubaib Ibn 'Adiy¸,ø¨¨"ª¤.
 Pahlawan yang syahid di kayu salib. 


Dan kini …. Lapangkanlah jalan kepada pahlawan ini, wahai para shahabat …. Mari kemari, dari segenap penjuru dan tempat …. Datang­lah ke sini, secara mudah atau bersusah payah …. Kemarilah bergegas dengan menundukkan hati . . . . Menghadaplah untuk mendapatkan pelajaran dalam berkurban yang tak ada tandingan­nya …. Mungkin anda sekalian akan berkata: “Apakah semua yang telah anda ceritakan kepada kami dulu bukan merupakan pelajaran-pelajaran tentang pengurbanan yang jarang tanding­annya?”

Benar . . . , semuanya pelajaran, dan kehebatannya tak ada tandingan dan imbangannya …. Tapi kini kalian berada di muka seorang maha guru baru dalam mata pelajaran seni berqurban Seorang guru, seandainya anda ketinggalan menghadiri kuliahnya, anda akan kehilangan banyak kebaikan-kebaikan yang tidak terkira . . . . Mari bersama kami, wahai penganut aqidah dari setiap ummat dan tempat. Mari bersama kami, wahai pengagum ketinggian dari segala masa dan zaman . . . . Kamu juga, wahai orang-orang yang telah sarat oleh beban penipuan diri dan berprasangka buruk terhadap Agama dan iman . . . .Marilah datang dengan kebanggaan palsumu itu . . . . 

Marilah, dan perhatikanlah bagaimana Agama Allah itu telah membentuk dan menempa tokoh-tokoh terkemuka …. 

Marilah perhatikan oleh kalian! Kemuliaan yang tiada tara … kegagahan sikap,ketetapan pendirian, keteguhan hati . . . kepantang munduran … pengurbanan dan kecintaan yang tak ada duanya . . . Ring­kasnya, kebesaran yang luar biasa dan mengagumkan, yang telah dikalungkan oleh keimanan yang sempurna ke leher pemiliknya yang tulus ikhlas Tampakkah oleh anda sekalian tubuh yang disalib itu . ? 

Nah, inilah dia judul pelajaran kita hari ini, wahai semua anak manusia! 

Benar . . . tubuh yang disalib di hadapan kalian itulah sekarang yang jadi judul dan mata pelajaran, dan jadi contoh teladan dan sekaligus guru. Namanya Khubaib bin ‘Adi. Hafalkan benar dengan baik nama yang mulia ini! Hafalkan dan dengungkan serta lagukanlah namanya, karena ia jadi kebanggaan dari setiap manusia, setiap agama, dari setiap aliran dan dari setiap bangsa di setiap zaman … !Ia seorang yang cukup dikenal di Madinah dan termasuk shahabat Anshar. Ia Sering bolak-balik kepada Rasulullah saw. sejak beliau hijrah kepada mereka, lalu beriman kepada Rabbul  Alamin. Seorang yang berjiwa bersih, bersifat terbuka, beriman teguh dan berhati mulia. 
Ia adalah sebagai yang dilukiskan oleh Hassan bin Tsabit, penyair Ialam sebagai berikut:

“Seorang pahlawan yang kedudukannya sebagai teras orang-orang Anshar. 
Seorang yang lapang dada namun tegas dan keras tak dapat ditawar-tawar”.

Sewaktu bendera perang Badar dikibarkan orang, terdapatlah di sana seorang prajurit berani mati dan seorang pahlawan gagah perkasa yang tiada lain dari Khubaib bin ‘Adi ini.

 Salah seorang di antara orang-orang musyrik yang berdiri menghadang jalannya di perang Badar ini dan tewas di ujung pedangnya, ialah seorang pemimpin Quraisy yang bernama al-Harits bin ‘Amir bin Naufal. Setelah pertempuran selesai dan siaa-siaa pasukan Quraiay yang kalah kembali ke Mekah, tahulah Bani Harits siapa yang telah menewaskan bapak mereka. 

Mereka menghafalkan dengan baik nama orang Ialam yang telah menewaskan ayah mereka dalam pertempuran itu ialah Khubaib bin ‘Adi..!Orang-orang Ialam telah kembali ke Madinah dari perang Badar. Mereka meneruskan pembinaan masyarakat mereka yang baru  . . . Adapun Khubaib, ia adalah seorang yang taat ber­ibadah, dan benar-benar membawakan sifat dan watak seorang ‘abid dan kerinduan seorang ‘asyik …. Demikianlah ia beribadat menghadap Allah dengan sepenuh hatinya . . . berdiri shalat di waktu malam dan berpuasa di waktu siang serta memahasucikan Allah pagi dan petang ….

Pada suatu hari Rasulullah saw. bermaksud hendak menye­lidiki rahasia orang-orang Quraisy, hingga dapat mengetahui ke mana tujuan gerakan serta langkah persiapan mereka untuk suatu peperangan yang baru …. Untuk itu beliau pilih sepuluh orang dari para shahabatnya, termasuklah di antaranya Khubaib dan sebagai pemimpin mereka diangkat oleh Nabi, ‘Ashim bin Tsabit.Pasukan penyelidik ini pun berangkatlah ke tujuannya hingga sampai di suatu tempat antara Osfan dan Mekah. 

Rupanya gerakan mereka tercium oleh orang-orang dari kampung Hudzail yang didiami oleh suku Bani Haiyan, orang-orang ini segera berangkat dengan seratus orang pemanah mahir, menyusul orang­-orang Ialam dan mengikuti jejak mereka dari belakang ….Pasukan bani Haiyan hampir Saja kehilangan jejak, kalau tidaklah salah seorang mereka melihat biji kurma berjatuhan di atas pasir...

Biji-biji itu dipungut oleh sebagian di antara orang-orang ini, lalu mengamatinya berdasarkan firasat yang tajam yang biasa dimiliki oleh bangsa Arab, lalu berseru kepada teman-teman mereka: “Biji-biji itu berasal dari Yatsrib … nama lain dari Madinah … Ayuh, kita ikuti, hingga dapat kita ketahui di mana mereka berada … !

Dengan petunjuk biji-biji kurma yang berceceran di tanah, mereka terus berjalan, hingga akhirnya mereka melihat dari jauh rombongan Kaum Muslimin yang sedang mereka cari-cari itu …. ‘Ashim, pemimpin penyelidik merasa bahwa mereka sedang dikejar musuh, lalu diperintahkannya kawan-kawannya untuk menaiki suatu puncak bukit yang tinggi . . .. Para pemanah musuh yang seratus orang itu pun dekatlah sudah. Mereka mengelilingi Kaum Muslimin lalu mengepung mereka dengan ketat. . . .Para pengepung meminta agar Kaum Muslimin menyerahkan diri dengan jaminan bahwa mereka tidak akan dianiaya. Ke­sepuluh orang ini menoleh kepada pemimpin mereka ‘Achim bin Tsabit al-Anshan r.a.

 Rupanya ia menyatakan: “Adapun aku, demi Allah aku tak akan turun, mengemia perlindungan orang musyrik . . . ! Ya Allah, sampaikanlah keadaan kami ini kepada Nabi-Mu . . .!”

Dan segeralah para pemanah yang seratus orang itu meng­hujani mereka dengan anak panah …. Pernimpin mereka ‘Achim beserta tujuh orang lainnya menjadi sasaran dan mereka pun gugurlah sebagai syahid. Mereka meminta agar yang lain turun dan tetap akan dijamin keselamatannya sebagai dijanjikan. 

Maka turunlah ketiga orang itu, yaitu Khubaib beserta dua orang shahabatnya . . .Para pemanah mendekati Khubaib dan salah seorang temannya, mereka menguraikan tali-temali mereka dan mengikat keduanya. Teman mereka yang ketiga melihat hal ini sebagai awal pengkhianatan janji, lalu ia memutuskan mati secara nekad sebagaimana dilakukan ‘Achim dan teman-temannya, maka gugurlah ia pula menemui syahid seperti yang diinginkannya ….

Dan demikianlah, kedelapan orang yang terbilang di antara orang-orang Mu’min yang paling tebal keimanannya, paling teguh menepati janji dan paling setia melaksanakan tugas kewajibannya terhadap Allah dan Rasul, telah menunaikan darma bakti mereka sampai mati ….Khubaib dan seorang temannya yang seorang lagi Zaid, berusaha melepaskan tali ikatan mereka, tapi tidak berhasil karena buhulnya yang sangat erat. Keduanya dibawa oleh para pemanah durhaka itu ke Mekah.

 Nama Khubaib menggema dan tersiar ke telinga orang banyak …. 

Keluarga Harits bin ‘Amin yang tewas di perang Badar, cepat mengingat nama ini dengan baik, suatu nama yang menggerakkan dendam kebencian di dada mereka. Mereka pun segera membeli Khubaib sebagai budak . . . untuk melampiaskan seluruh dendam kebencian mereka kepadanya. 

Dalam hal ini mereka mendapat saingan dari pen­duduk Mekah lainnya yang juga kehilangan bapak dan pemimpin mereka di perang Badar. Terakhir mereka merundingkan semacam siksa yang akan ditimpakan kepada Khubaib untuk memuaskan dendam kemarahan mereka, bukan saja terhadapnya tetapi juga terhadap seluruh Kaum Muslimin! 

Dan sementara itu, golongan musyrik lainnya melakukan tindakan kejam pula terhadap teman Khubaib, Zaid bin Ditsinnah, yaitu dengan menyula atau menusuknya dari dubur hingga tembus ke bagian atas badannya ….Khubaib telah menyerahkan dirinya sepenuhnya, menyerah­kan hatinya, pendeknya semua urusan dan akhir hidupnya kepada Allah Rabbul’alamin. Dihadapkannya perhatiannya kepada beribadat dengan jiwa yang teguh, keberanian yang tangguh disertai sakinah atau ketenteraman yang telah dilimpah­kan Allah kepada yang dapat menghancurkan batu karang dan melebur ketakutan. Allah selalu besertanya sementara ia senantiasa beserta Allah . . . . 

Kekuasaan Allah menyertainya, seakan-akan jari-jemari kekuasaan itu membalut dadanya hingga terasa sejuk dingin ….

Pada suatu kali salah seorang puteri Harits datang menjenguk ke tempat tahanan Khubaib yang ada di sekitar rumahnya, tiba-tiba ia meninggalkan tempat itu sambil berteriak, memanggil dan mengajak orang Mekah menyaksikan keajaiban, katanya: “Demi Allah saya melihat Khubaib menggenggam setangkai besar anggur sambil memakannya . . . sedang ia terikat teguh pada besi … padahal di Mekah tak ada sebiji anggur pun …. Saya kira itu adalah rizqi yang diberikan Allah kepada Khubaib.

Benarlah Itu adalah rizqi yang diberikan Allah kepada hambanya yang shaleh, sebagaimana dahulu pernah diberikan­Nya seperti itu kepada Maryam anak ‘Imran, yaitu di saat: “Setiap kali Zakaria masuk ke dalam mihrabnya, dan ditemukannya rizqi di dekat Maryam …. 

Katanya: 
Dari mana datangnya makanan ini hai Maryam? 

Jawabnya:
 Ia datang dari Allah, sesungguhnya Allah memberi rizqi kepada siapa yang dikehendaki-Nya dengan tidak terhingga …. 
(Q.S. 3 Ali Imran: 37)

Orang-orang musyrik menyampaikan berita kepada Khubaib tentang tewasnya serta penderitaan yang dialami shahabat dan saudaranya Zaid bin Ditsinnah. r.a. 

Mereka mengira dengan itu dapat merusakkan urat sarafnya, serta membayangkan dan merasakan derita dan siksa yang membawa kematian kawannya itu. Tetapi mereka tidak mengetahui bahwa Allah telah merang­kulnya dengan menurunkan sakinah dan rahmat-Nya …. Terus mereka menguji keimanannya dan membujuknya dengan janji pembebasan seandainya ia man mengingkari Muhammad dan sebelum itu Tuhannya yang telah diimaninya …. Tetapi usaha mereka tak ubahnya seperti hendak mencopot matahari dengan memanahnya…! 

Benar, keimanan Khubaib tak ubah bagai matahari, baik tentang kuatnya, jauhnya maupun tentang panas­nya dan cahayanya . .. ! Ia akan bercahaya bagi orang-orang yang mencari cahayanya dan ia akan padam menggelap bagi orang yang menghendakinya gelap. 

Adapun orang yang meng­hampirinya dan menentangnya maka ia akan terbakar dan hangus.

Dan tatkala mereka telah berputus asa dari apa yang mereka harapkan, mereka seretlah pahlawan ini ke tempat kematiannya …mereka bawa ke suatu tempat yang bernama Tan’im, dan di sanalah ia menemui ajalnya ….Sebelum mereka melaksanakan itu, Khubaib minta idzin kepada mereka untuk shalat dua rakaat. Mereka mengidzinkan­nya, dan menyangka bahwa rupanya sedang berlangsung tawar ­menawar dalam dirinya untuk menyerah kalah dan menyatakan keingkarannya kepada Allah, kepada Rasul dan kepada Agama­nya . . . . Khubaib pun shalatlah dua rakaat dengan khusu’, tenang, dan hati yang pasrah . . . . Dan melimpahlah ke dalam rongga jiwanya, lemak manisnya iman . . . maka ia menyatakan cintanya kiranya ia terus shalat, terus shalat dan shalat lagi ….

Tetapi kemudian ia berpaling ke arah algojonya, lalu katanya kepada mereka:
 “Demi Allah, kalau bukanlah nanti ada sangkaan kalian bahwa aku takut mati, 
niscaya akan kulanjutkan lagi shalatku … !”

Kemudian diangkatnya kedua pangkal lengannya ke arah langit lalu. mohonnya:
 “Ya Allah, susutkanlah bilangan mereka … 
musnahkan mereka sampai binasa … !”

 Kemudian diamat-­amatinya wajah mereka, disertai suatu keteguhan tekad lalu berpantun:
Mati bagiku tak menjadi masalah ….
Asalkan ada dalam ridla dan rahmat Allah Dengan jalan apapun kematian itu terjadi… .
 Asalkan kerinduan kepada-Nya terpenuhi Ku berserah menyerah kepada-Nya . .  . 

Sesuai dengan taqdir dan kehendak-Nya Semoga rahmat dan berkah Allah tercurah …. pada setiap sobekan daging dan tetesan darah.

Dan mungkin inilah peristiwa pertama dalam sejarah bangsa Arab, di mana mereka menyalib seorang laki-laki, kemudian membunuhnya di atas salib … !Mereka telah menyiapkan pelepah-pelepah tamar untuk membuat sebuah salib besar, lalu. menyandarkan Khubaib di atasnya, dengan mengikat teguh setiap bagian ujung tubuhnyaOrang-orang musyrik itu jadi buas dengan melakukan segala kekejaman yang menaikkan bulu roma. 

Para pemanah bergantian melepaskan panah-panah mereka.Kekejaman yang di luar batas ini sengaja dilakukan secara perlahan-lahan terhadap pahlawan yang tidak berdaya karena tersalib …. Tapi ia tak memicingkan matanya, dan tak pernah kehilangan sakinah yang mena’ajubkan itu yang telah memberi cahaya kepada wajahnya. Anak-anak panah bertancapan ke tubuhnya dan pedang-pedang menyayat-nyayat dagingnya. Di kala itu salah seorang pemimpin Quraiay mendekatinya sambil berkata: “Sukakah engkau, Muhammad menggantikanmu, dan engkau sehat wal’afiat bersama keluargamu?” Tenaga Khu­baib pulih kembali, dengan suara laksana angin kencang ia, berseru kepada para pembunuhnya: “Demi Allah tak sudi aku bersama anak istriku selamat meni’mati kesenangan dunia,sedang Rasulullah kena musibah walau oleh sepotong duri … ! ”

 Kalimat dan kata-kata hebat yang menggugah ini pulalah yang telah diucapkan oleh teman seperjuangannya Zaid bin Ditsinnah sewaktu mereka hendak membunuhnya . . .. Kata-kata yang mempesona itu yang telah diucapkan oleh Zaid kemarin, dan diulangi oleh Khubaib sekarang . . . yang menyebabkan Abu Sofyan, yang waktu itu belum lagi masuk Islam mempertepukkan kedua telapak tangannya sembari berkata kepada penganiaya itu: “Demi Allah, belum pernah kulihat manusia yang lebih men­cintai manusia lain, seperti halnya shahabat-shahabat Muhammad terhadap Muhammad.. .

Kata-kata Khubaib ini bagaikan aba-aba yang memberi keleluasaan bagi anak-anak panah dan mata-mata pedang untuk mencapai sasarannya di tubuh pahlawan ini, yang menyakitinya dengan segala kekejaman dan kebuasan . . . . Dekat ke tempat kejadian ini telah berterbangan burung-burung bangkai dan burung-burung buas lainnya, seolah-olah sedang menunggu selesainya para pembantai pulang meninggalkan tempat itu, hingga dapat mendekat dan mengerubungi tubuh yang sudah menjadi mayat itu sebagai santapan istimewa – . . 

Tetapi kemu­dian burung-burung tersebut berbunyi bersahut-sahutan lalu berkumpul dan saling mendekatkan paruhnya seakan-akan mereka sedang berbisik dan berbicara perlahan-lahan serta saling bertukar kata dan buah fikiran. Dan tiba-tiba mereka beterbang­an membelah angkasa, dan pergi menjauh .. . . jauh … jauh sekali . . . .

Seolah-olah burung ini dengan perasaan dan nalurinya tercium akan jasad seorang yang shaleh yang berdekat diri kepada Allah dan menyebarkan baunya yang harum dari tubuh yang tersalib itu, maka mereka segan dan malu akan menghampiri dan menyakitinya . . . !

Demikianlah burung-burung itu berlalu terbang berbondong-bondong melintasi angkasa dan menahan diri dari kerakusannya ….Orang-orang musyrik telah kembali ke Mekah, ke sarang kedengkian, setelah meluapkan dendam kesumat dan permusuh­an. Dan tinggallah tubuh yang syahid itu dijaga oleh sekelompok para algojo bersenjata tombak dan pedang.

Dan Khubaib, ketika mereka menaruhnya di atas pelepah kurma yang mereka jadikan sebagai kayu salib tempat mereka mengikatkannya, telah menghadapkan mukanya ke arah langit sambil berdoa kepada Tuhannya Yang Maha Besar, Katanya: 
“Ya Allah kami telah menyampaikan tugas dari Rasul-Mu, 
maka mohon disampaikan pula kepadanya esok, 
tindakan orang-orang itu terhadap kami … !”
Doanya itu diperkenankan oleh Allah …. 

Sewaktu Rasul di Madinah, tiba-tiba ia diliputi suatu perasaan yang kuat, mem­beritahukan bahwa para shahabatnya dalam bahaya . . . dan terbayanglah kepadanya tubuh salah seorang mereka sedang tergantung di awang-awang ….

Dengan segera beliau saw. memerintahkan shahabatnya Miqdad bin Amar dan Zubair bin Awwam . . . , yang segera menunggang kuda mereka dan memacunya dengan kencang. Dan dengan petunjuk Allah sampailah mereka ke tempat yang di­maksud. 

Maka mereka turunkanlah mayat shahabat mereka Khubaib, sementara tempat suci di bumi telah menunggunya untuk memeluk dan menutupinya dengan tanah yang lembab penuh berkah ….Tak ada yang mengetahui sampai sekarang di mana sesung­guhnya makam Khubaib.

 Mungkin itu lebih pantas dan utama untuknya, sehingga senantiasalah ia menjadi kenangan dalam hati nurani kehidupan, sebagai seorang pahlawan yang mati syahid di atas kayu salib …



(29)  
KHUBAIB IBN `ADIY  
A Hero on the Cross! 


        And now, pave the way for this hero. Come nearer from all directions, from everywhere. Come in any way you can and strive your utmost, come hurrying and submitting. Approach in order to be taught the lesson of sacrifice, an incomparable lesson. You will say, Weren't all the stories you have previously told lessons of incomparable sacrifice?  

        Indeed, they were lesson of uncomparable magnificence. Nothing whatsoever can be similar to it. However, you are now in front of a new master illustrating the art of sacrifice, a figure who, if you miss meeting him, then you have missed a great deal, indeed a great deal. Come to us, all people of faith in every nation and country. Come to us, lovers of exaltedness in every period and era. And you, too, who carry a heavy burden of illusion and you whose belief in creed and religions is one of falsehood and error. Come with your illusion. Come and see how Allah's religion built men. Come and see what glory, what strength, what firmness, what determination, what sacrifice, what loyalty!  

       To sum up, what extraordinary and amazing greatness has been granted by the belief in truth to its sincere followers.  

        Can you see the crucified body? It is our lesson today - to all mankind! Indeed, the crucified body in front of you is our subject, our lesson, our master. His name is Khubaib Ibn `Adiy. Remember this name well!  

       Remember it, sing it, it is an honor for anyone belonging to any religion, to any sect, belonging to any ethnic group and living in any era!  

        He belonged to the Aws tribe from Al-Madiinah. He belonged to the Ansaar.  

        Since the day of the Prophet's Hijrah to Al-Madiinah and since the day of his belief in Allah, Lord of the Worlds, he frequently visited the Prophet (PBUH).  

       His soul, spirit, and conscience were pure, and his belief was firm. He was described by Hassaan lbn Thaabit, Islam's poet: He looked like a falcon among the Ansaar. Allah endowed him with noble character and good morals."  
      
  When the standards of the Battle of Badr were lifted, he was there, a bold warrior and a daring fighter.

 Among the polytheists whom he killed with his sword during the battle was Al-Haarith Ibn `Aamir Ibn Nawfal.  

       After the battle was over and the defeated remnants of the Quraish had returned to Makkah, the sons of Al-Haarith learned that their father had been killed. They learned the name of his killer very well by heart: Khubaib Ibn `Adiy.  

        The Muslims returned from Badr to Al-Madiinah and persistently built their new community. Knubaib was a true worshiper, a pious devotee, carrying the nature of a devotee and the longing aspiration of a worshiper. There he turned to worship with the spirit of a passionate lover, praying at night, fasting during the day, glorifying Allah, Lord of the Worlds.  

        One day the Prophet (PBUH) wanted to know the Quraish's secrets so as to be fully aware of the target of their movements and any preparations for a new battle. Therefore, he chose ten of his Companions, among whom was Khubaib, and Aasim lbn Thaabit as leader.  

 The expedition set off towards its destination until they reached a place between `Asafaan and Makkah. News of them reached an area of Hudhail called Bani Hayaan. They hastened to them with 100 of their most skillful spearmen. They set out to pursue them and to follow their tracks.  

       They almost lost them but for the fact that one of them found some discarded date pits on the sand. He picked them up and, with the amazing skill Arabs were famous for, glanced at them, then shouted loudly so that the others could hear him, "They are date pits from Yathrib  1 . Let's follow them and they will surely guide us. They followed the discarded date pits until they could see in the distance what they were searching for.  

        `Aasim, the expedition's leader, felt that they were being chased, so he ordered his companions to mount the high peak of a mountain. The 100 spearmen approached and surrounded the foot of the mountain and besieged them thoroughly.  

        They asked them to surrender themselves after giving them their word not to hurt them. The ten turned to their leader, Aasim Ibn Thaabit Al-Ansaariy (May Allah be pleased with them all), and waited for his command. He then said, As for me, by Allah, I will never let myself fall into the protection of a polytheist. May Allah inform our Prophet about us."  

        The spearmen then began to throw their spears at them. Their leader Aasim was wounded and died as a martyr. In the same way seven others were wounded and died as martyrs.  

       The rest were then called and promised that they would be safe if they came down. The three descended, Khubaib and his two friends. The spearmen approached Khubaib and his companion,  

     Zaid Ibn Ad-Dithinnah, and tied them up. Their third one recognized the beginning of their deceipts, so he decided to die there where `Aasim and his companions had fallen. He died where he wished.  

        That is how some of the greatest, most faithful, most loyal to Allah and his Prophet (PBUH), and most sincere believers passed away. Khubaib and Zaid tried to untie themselves, but they were fled very thoroughly and tightly.  
        
   The deceptive spearmen took them to Makkah where they sold them to the polytheists. 

The name of Khubaib reached everyone's ear. The sons of Al-Haarith Ibn Aamir, who had been killed in Badr, remembered his name very well and were moved by spite and hatred. They hurried to buy him. Most of the inhabitants of Makkah, who had lost their fathers and leaders in the Battle of Badr, competed in purchasing him in order to take revenge. They enjoined each other to take revenge on him and commenced to prepare him for a fate to satisfy their desire for revenge, not directed at him, as such, but at all the Muslims.  

        Some other people took Khubaib's companion Zaid Ibn Ad- Dithinnah and set out to torture him severely.  

        Khubaib submitted his heart, his whole life, and destiny to Allah, Lord of the Worlds. He turned to His worship with a firm soul, unruffled and fearless, accompanied by a divine tranquility. Even hard, solid mountain rocks and terror itself might melt and simply vanish due to it.  

        Allah was with him, and he was with Allah. Allah's hand was over him, and he could almost feel His fingers within his chest.  

        One day, one of Al-Haarith's daughters entered where he was kept as a captive at Al-Haarith's house. She quickly hurried out, calling the people to see an unbelievable thing! `By Allah, I saw him holding a big bunch of grapes, eating from it while being fettered with iron chains - at a time when there isn't a single grape in Makkah. I can't think of it except as being a blessing from Allah!"  

 Indeed, it was a blessing given by Allah to His virtuous worshiper, as He gave to Maryam (Mary, mother of Jesus) daughter of `Imraan before: "Whenever Zakariya entered the sanctuary he found her furnished with provision, he said, 
"O Mary from where did you get this?" She said.
 "It is from GOD, surely GOD provides who He pleases without measure" 
(3 : 37).  

        The polytheists brought him the news of the death of his companion Zaid Ibn Ad-Dithinnah (May Allah be pleased with him).

 They hoped thereby to break down his nerves. However, they did not know that Allah, the Most Merciful, had invited him into His hospitality, blessing him with divine tranquility and mercy.  

        They set Out to bargain with him over his faith, promising to save his life if he disbelieved in Muhammad and his Lord, but they were like children trying to catch the sun by a mere arrow-shot.  

        Indeed, Khubaib's faith was like the sun in its strength, flame, light, and far-reachedness. He shed light upon those seeking light and warmed those seeking warmth, but the one who approached him to challenge him would be burned and destroyed.  

        When they lost hope of reaching their desire, they took the hero to face his destiny. They took him to a place called At- Tan'iim, where he would be killed.  

        As soon as they reached this place, Khubaib asked them to allow him to pray two rak'ahs. They allowed him with the hope that he would make up his mind to announce his surrender and disbelief in Allah, His Messenger and His religion.  

       Solemnly, peacefully and humbly Khubaib prayed two rak'ahs.  

        He felt the sweetness of faith within his soul, so that he wished that he could keep on praying and praying. However, he turned toward his killers and said to them, "By Allah, were it not for your thinking that I'm afraid of death, I would have continued praying." Then he lifted his hands towards the sky and said, "O Allah! Count them one by one and then perish them all!" Then he scanned their faces intently and set out singing:  
   
When I am being martyred as a Muslim, 
I do not care in what way I receive my death 
For Allah's sake. 
If He wishes, 
He will bless the cut limbs. 

 It was perhaps the first time in Arab history to crucify a man then kill him on the cross. They had prepared out of palm tree trunks a huge cross on which they fixed Khubaib, his limbs tied tightly. The polytheists gathered in obvious glee at his suffering while spearmen prepared their lances.  

        All that cruelty was intentionally performed slowly in front of the crucified hero. He did not close his eyes, and amazing tranquility beamed from his face. Then spears began to skirmish and swords to tear his flesh into pieces.
  
        One of the Quraish leaders approached him saying, `Would you like Muhammad to be in your place and you be healthy and secure among your kin?"  

       Only then did Khubaib burst like a thunderstorm, shouting to his killers, "By Allah, I woud not like to be among my relatives and sons enjoying all the world's health and well-being while even a tiny thorn hurts the Prophet."  

They were the same great words spoken by Zaid Ibn Ad Dithinnah when he was being killed! The same amazing, dazzling strong words Zaid said one day before they were said by Khubaib. At that, Abu Sufyaan, who had not yet embraced Islam, had to shake his head and say astonished, "By Allah! I've never seen anybody love somebody else the way Muhammad's companions love Muhammad."  

        Khubaib's words were so provocative that the spears and swords began to tear the hero's body to pieces, attacking it with complete madness and cruelty.  

        Not far away from the scene, birds and buzzards were flying around as if waiting for the butchers to end their task and leave the spot so that they could approach the fresh dead body to have a delicious meal. However, soon they called to one another and gathered, and their beaks moved as if whispering and talking. Suddenly they flew away in the sky, far, far away. They smelled by their instinct the scent of a pious, repentant man which spread from his crucified body, so they were ashamed to approach him or to hurt him. The flock of birds flew away, just and pure, into the vastness of space.  

        The group of malicious polytheists returned to their dens in Makkah while the dead body of the martyr stayed there, guarded by a group of Quraishi spearmen.  

        When they were lifting Khubaib onto the palm trunk cross and tying him firmly, Khubaib turned his face towards the sky asking his Ever Magnificent Lord, "Allah! We fulfilled the mission of Your Messenger. Inform him in the early morning of what is happening to us.  

        Allah responded to his prayer. while he was in Al-Madiinah, the Prophet (PBUH) was filled with a strong feeling that his Companions were facing a severe trial, and he could almost see the crucified dead body of one of them.  

        Immediately the Prophet (PBUH) sent for Al-Miqdaad lbn `Amr and Az-Zubair lbn Al-'Awaam. They mounted their horses and set off to cross the land rapidly. Allah guided them to their desired destination. They lowered Khubaib's body to a pure spot of ground waiting to shelter him under its moist soil.  

       No one knows to this day where Khubaib's grave lies. May be that is better and more respectable for him so that he remains in history's memory and in the conscience of life a hero, a hero on the cross.



.¤ª"˜¨¯¨¨'Khubaib Bin 'Adi oo Khubaib Ibn 'Adiy¸,ø¨¨"ª¤.





Categories: